Langsung ke konten utama

Pemanfaatan Komputer di Masyarakat

Komputer dalam Bidang Pendidikan

Komputer merupakan media yang atau alat bantu yang digunakan oleh manusia dalam rangka mempermudah pekerjaan manusia disegala bidang seperti pada bidang pendidikan. 

Komputer dapat bermanfaat untuk mempermudah pegawai administrasi sekolah untuk membuat kurikulum pengajaran, jadwal pelajaran sekolah, membuat daftar nama siswa , membuat daftar nilai siswa, membuat absen siswa, membuat perhitungan gaji pegawai dan membuat perencanaan pengajaran bagi guru-guru sekolah. 

Selain itu dalam dunia pendidikan tentunya sangat dibutuhkan komputer untuk mengakses E-Learning (Google Classroom), dapat juga digunakan untuk mengikuti bimbel online seperti Quipper dan Ruang Guru atau Kursus Online seperti Udemy.

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online atau Penerimaan Siswa Baru (PSB) Online juga tentunya pasti membutuhkan komputer.


Dampak Positif dari Penggunaan Komputer dalam Bidang Pendidikan seperti :

1. Sebagai Alat Komunikasi

dengan adanya komputer, komunikasi tetap dalam dilakukan meski dalam jarak yang jauh, seperti dengan melakukan chatting, voice note atau bahkan videocall, serta mempermudah diskusi dalam grup kelas secara online dengan cepat dan praktis. 

2. Praktik mengajar lebih fleksibel 

dengan adanya komputer pengajar akan lebih mudah menyampaikan materi lewat komputer dengan memanfaatkan jaringan internet. pengajar juga dapat memberikan visualisasi materi melalui video agar siswa ataupun mahasiswa lebih mudah memahami materi.

3. Media Pembelajaran dan Kreatifitas

Tugas bisa di simpan dalam komputer sehingga tidak berserakan dan bisa di buka lagi ketika di butuhkan.  siswa akan paham akan teknologi dan dapat mengembangkan kreatifitas seperti membuat aplikasi melalui komputer.


Dampak Negatif dari Penggunaan Komputer dalam Bidang Pendidikan seperti :

1. Anak kemungkinan besar tanpa sepengetahuan orang tuanya,mengomsumsi game yang menonjolkan unsur kekerasandan agresifitas

2. Akses negatif melalui internet

3. Munculnya kecanduan anak bermain omputer memicu anak menjadi malas untuk menulis menggambar ataupun melakukan aktivitas sosial lainnya

4. Untuk yang ke empat itu adalah kecanduan bermain komputer bisa terjadi terutama karena sejak awal orang tua tidak membuat aturan bermain komputer.seharusnya orang tua perlu membuat kesepakatan dengan anak soal waktu bermaian komputer itu di batasi.


Aplikasi Komputer pada Bidang Pendidikan :

Pengaplikasian komputer pada pendidikan dikenal dengan istilah CBL (Computer Based Learning) atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai pembelajaran berbasis komputer.

Dalam CBL dikenal 5 (lima) istilah dalam penggunaan komputer untuk pendidikan yaitu :

1. CAI (computer assisted instruction)

2. CBI (computer based instruction)

3. CBL (computer based learning)

4. CBE (computer based education)

5. CAL (computer assisted learning)

6. CAT (Computer Assisted Testing)


Komputer dalam Bidang Sains

Komputer khususnya bidang multimedia telah banyak diaplikasikan dalam bidang sains. Contoh pemanfaatannya adalah dengan penggambaran suatu molekul secara 3D dan dapat dinavigasi berdasar arah pandang. dapat juga multimedia, VR atau Virtual Reality, AR atau Augmanted Reality, dan 3D Animation.

Dampak Positif dari Penggunaan Komputer dalam Bidang Sains seperti :

1. Dapat membantu memecahkan persoalan yang rumit dalam sains, yang dimana persoalan itu berupa  persoalan fisika, kimia, biologi, dan lain-lain.

2. Dapat menyimpan berbagai informasi yang kita dapatkan dan juga menyediakan informasi yang kita butuhkan.

3. Dapat mengelolah data atau pun proses setiap data yang ada dengan sangat cepat dan efisien , sehingga dapat menghemat waktu dan perhitungannya pun tepat.


Dampak Negatif dari Penggunaan Komputer dalam Bidang Sains seperti :

1. Kerahasiaan alat tes semakin terancam program tes inteligensi.

2. Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet.

3. Hasil dari penelitian tidak efektif karena dapat dimanipulasi.

4. Perubahan penulisan tangan pada laporan percobaan ke laporan yang diketik.

5. Penyalahgunaan pengetahuan.


Aplikasi Komputer pada Bidang Sains :

1. Human Anatomy Atlas 2021

Human Anatomy Atlas 2021 merupakan sebuah aplikasi berbayar bidang medis yang dapat memungkinkan para pengguna untuk mengerti cara kerja sistem dan bentuk tubuh manusia. Aplikasi ini tersedia dalam bentuk model 3D dan disajikan dengan grafis yang berwarna warni serta animasi yang menjelaskan psikologi dan patologi umum (ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang penyakit) secara rinci.

2. Plantale

Plantale merupakan sebuah aplikasi berbayar yang mana pengguna dapat mengamati perkembangan tumbuhan dari sebuah biji hingga bagaimana tumbuhan dapat memproduksi sebuah biji kembali serta kita dapat melihat bagaimana bentuk anatomi dan morfologi dari seluruh bagian tanamanan. Menariknya kita dapat menggunakan AR(Augmented Reality) sehingga mempermudah melihat bagian tanaman dengan teliti

3. Normal Lab Values

Normal Lab Values merupakan sebuah aplikasi berbayar yang dapat memberikan pengguna baik dari non-medis dan profesional kesehatan yang memiliki tinjauan untuk parameter laboratorium . Setiap lab berisi informasi klinis penting, nilai laboratorium kritis, diagnosa banding, dan lain-lain


Komputer dalam Bidang Kesehatan

Dalam bidang kesehatan komputer dapat digunakan untuk mempermudah Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasien, Memonitor detak jantung pasien lewat monitor computer, Memonitor aliran darah, Memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X, Operasi Jarak Jauh (Teknologi Telesurgery), Teknik Biomedis, Diagnosa Penyakit (Image processing)

Dampak Positif dari Penggunaan Komputer dalam Bidang Kesehatan seperti :

1. Sudah ditemukanya alat-alat dan juga metode untuk menggantikan organ tubuh yang rusak . Seperti kaki palsu, tangan palsu atau bahkan medote transplantasi seperti transplantasi mata, kaki, tangan, jantung dan sebagainya.

2. Maraknya opersi plastic di berbagai negara di belahan dunia merupakan dampak dari teknologi komputer dalam bidang kesehatan. Opersai plastic juga berfungsi untuk menutupi Luka seseorang yang mana org tersebut bisa beraktifitas dengan penampilan sebagiaman penampilanya sebelum kecelakaam.

3. Munculnya berbagai alat untuk mengolah sampah, sehingga lingkungan menjadi lebih bersih karena sampah berhasil diolah dengan baik. Kelangsungan hidup manusia pun menjadi tidak terganggu oleh sampah.


Dampak Negatif dari Penggunaan Komputer dalam Bidang Kesehatan seperti :

1. Radiasi yang ditimbulkan oleh berbagai produk teknologi dapat memunculkan berbagai penyakit baru. Salah satunya adalah penyakit kanker.

2. Radiasi yang ditimbulkan oleh cahaya handphone atau pun komputer juga dapat merusak penglihatan. Oleh sebab itu, kita juga hendaknya hati-hati dalam menggunakan alat-alat tersebut. Jangan terlalu dekat ketika menggunakannya. Berilah jarak sekitar 30 cm dari mata Anda.

3. Repetitive Strain Injury (RSI) merupakan sebuah terminologi yang mengacu pada beberapa variasi keluhan kerangkaotot (musculoskeletal). Ini menyangkut keluhan yang dikenal dengan sakit urat otot. RSImeliputi gangguan lengan atas berkaitan dengan kerja (Work-Related Upper Limb Disorders)dan luka penggunaan berlebihan yang berhubungan dengan kerja (Occupational OveruseInjuries).


Aplikasi Komputer pada Bidang Sains :

1. Halodoc

Aplikasi halodoc ini dirilis pada 11 maret 2016 untuk pengguna Android dan IOS, aplikasi ini memang sudah lumayan lama dirilis , aplikasi ini sudah di unduh sekitar 5 juta kali di playstore, anda juga bisa mengaksesnya dengan melalui website resmi mereka yakni www.halodoc.com.

Setiap menu dari aplikasi ini memiliki fungsi atau kegunaannya masing – masing seperti fitur chat dengan dokter kita bisa memilih dokter yang terkait baik dokter umum, spesialis, dan lainnya. Ada juga toko kesehatan untuk memesan obat dan buat janji RS yang dimana kita akan diberikan pilihan rumah sakit mana yang akan kita buat janji, tentunya hanya rumah sakit yang terdaftar saja. Aplikasi ini juga tersambung langsung dengan GPS pastinya hal ini akan sangat memudahkan kita dalam memilih rumah sakit terdekat dan terpercaya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Evaluasi UI (Usability & User Experience)

Apa itu Usability? Jacob Nielson, usability didefinisikan sebagai kemampuan sistem untuk memenuhi kebutuhan pengguna dengan 5 atribut penilaian, yaitu learnability, efficiency, memorability, errors, dan satisfaction. Pressman, usability merupakan tingkatan kemampuan antarmuka aplikasi dapat digunakan untuk mempermudah hidup pengguna. Santoso, usability merupakan derajat kemampuan sebuah aplikasi untuk membantu pengguna menyelesaikan sebuah tugas. ISO 9241-11 (Bevan, 1995), mendefinisikan usability merupakan sejauh mana suatu produk dapat digunakan oleh pengguna tertentu untuk mencapai target yang ditetapkan dengan effectiveness, efficiency dan satisfaction. Kenapa sih Usability itu Penting? Memudahkan pengguna Aplikasi mudah dipelajari Aplikasi harus berjalan sesuai fungsinya Berdampak Pada Faktor Kesuksesan Menarik minat penggunanya Alat Uji Usability SUS (System Usability Scale) : SUS merupakan kuesioner yang sederhana dan paling dapat diandalkan. QUIS (Questionnaire for User Int...

Implementasi HTML Bootstrap Design Web ke WordPress

Kemunculan WordPress lebih memudahkan proses perancangan blog. Sebelum adanya WordPress, banyak developer Website yang menggunakan HTML statis bagi merancang blog. Namun, kini para developer sudah mulai beralih menggunakan tampilan yang terdapat di WordPress. Meskipun saat ini tak masalah jika tetap menggunakan HTML statis, tetapi tak ada salahnya bukan jika mempertimbangkan pindah ke WordPress. Kenapa? Karena dengan WordPress, Kamu dapat merancang dan mengelola blog lebih gampang. WordPress menyediakan tema, plugin, widget, dan beragam fitur lainnya yang mempermudah Kamu mengelola blog tanpa berurusan dengan coding. Bagi kamu selaku pemilik blog yang masih menggunakan HTML statis telah seharusnya disarankan sebaiknya Kamu mulai mempertimbangkan untuk melakukan convert HTML ke WordPress. Selain mempermudah Kamu bagi mengelola, WordPress pun mempunyai banyak fitur yang lebih fleksibel ditambah maupun dikurangi diperbandingkan dengan HTML statis. Ada tiga macam cara convert HTML ke WordP...

Logika Fuzzy (Model Sugeno dan Tsukamoto)

Logika Fuzzy adalah metodologi sistem kontrol pemecahan masalah yang cocok digunakan untuk diimplementasikan pada berbagai sistem, mulai dari sistem yang sederhana, sistem kecil, embedded system, jaringan PC, multichannel atau workstation berbasis akuisisi data dan sistem kontrol. Logika ini  merupakan suatu logika yang memiliki nilai kekaburan atau kesamaran antara benar atau salah. Logika Fuzzy sering digunakan dalam bidang elektronika. Konsep logika ini pertama kali diperkenalkan oleh Prof. Lotfi Astor Zadeh pada tahun 1962. A. Model Sugeno Model Sugeno adalah metode interfensi fuzzy untuk aturan yang dipresentasikan dalam bentuk IF-THEN, output yang dihasilkan sistem tidak berupa himpunan fuzzy, tetapi berupa konstanta atau persamaan linear. Sebagai fungsi keanggotaan dari konsekuen, Michio Sugeno mengusulkan penggunaan singleton. Singleton adalah sebuah himpunan fuzzy dengan fungsi keanggotaan yang pada titik tertentu mempunyai sebuah nilai dan 0 diluar titik tersebut. Du...