Langsung ke konten utama

Penjadwalan Proses Sistem Operasi

Penjadwalan merupakan kumpulan kebijaksanaan dan mekanisme di sistem komputer berkaitan dengan urutan kerja yang dilakukan sistem komputer. Penjadwalan bertugas memutuskan hal berikut :

  • Proses yang harus berjalan
  • Kapan dan selama berapa lama proses berjalan.

Sasaran Proses

Sasaran utama penjadwalan proses adalah optimasi kinerja sistem komputer menurut kriteria tertentu. Kriteria tersebut :

1. Adil (fairness)
Proses-proses diperlakukan sama, yakni mendapat jatah waktu layanan pemroses yang sama. Tidak ada proses yang mengalami startvation. Startvation adalah kondisi bahwa proses tidak pernah berjalan karena tidak dijadwalkan untuk berjalan.

2. Efisiensi
Efisiensi pemroses dihitung dengan perbandingn (rasio) waktu sibuk pemroses dengan total waktu operasi sistem komputer secara keseluruhan. Sasaran penjadwalan adalah menjaga agar pemroses selalu dalam keadaan sibuk sehingga efisiensi sistem komputer maksimum.

3. Waktu tanggap
  • Waktu tanggap berbeda untuk sistem interaktif dan sistem waktu nyata (real time). 
  • Waktu tanggap sistem interaktif didefinisikan sebagai waktu yang dihabiskan dari saat karakter terakhir dari perintah hingga hasil pertama muncul pada perangkat masukan keluaran. (disebut Terminal response time). 
  • Waktu tanggap pada sistem waktu nyata didefinisikan sebagai waktu dari saat kemunculan suatu kejadian sampai instruksi pertama rutin layanan terhadap kejadian dieksekusi. (disebut event response time). 
  • Sasaran penjadwalan adalah meminimalkan waktu tanggap sehingga menghasilkan sistem yang responsife.

4. Turn arround time
Turn Arround Time adalah waktu yang dihabiskan dari saat proses mulai masuk ke sistem sampai proses itu diselesaikan sistem. Turn arround time = waktu eksekusi + waktu menunggu. Sasaran penjadwalan adalah meminimalkan turn arround time.

5. Throughput
Throughput adalah jumlah kerja yang dapat diselesaikan selama satu selang waktu. Cara untuk mengekspresikan throughput adalah dengan jumlah proses pemakai yang dapat dieksekusi dalam satu unit/interval waktu tertentu. Sasaran penjadwalan adalah memaksimalkan throughput.


Tipe-Tipe Penjadwalan

Dalam sistem operasi yang kompleks terdapat tiga tipe penjadwalan.
1. Penjadwalan jangka pendek (short-term scheduller)
Bertugas menjadwalkan alokasi pemroses di antara proses-proses ready di memori utama. Sasaranya adalah memaksimalkan kinerja sistem. Penjadwalan jangka pendek dijalankan setiap terjadi pengalihan proses untuk memilih proses berikutnya

2. Penjadwalan jangka menengah (medium-term scheduler)
Bertugas mengangani proses-proses swapping. Mengendalikan transisi dari suspended ke ready

3. Penjadwalan jangka panjang (long-term scheduller)
Bekerja terhadap antrian batch, dan memilih batch berikutnya yang harus dieksekusi. Batch berupa proses dengan penggunaan sumberdaya intensif (waktu proses, memori, perangkat I/O). Sasaran utamanya memberikan keseimbangan proses- proses campuran.


Strategi Penjadwalan

a. Penjadwalan Nonpreemptive
Begitu proses diberi jatah waktu pemroses maka pemroses tidak dapat diambil alih oleh proses lain sampai proses itu selesai

b. Penjadwalan Preemptive
Saat proses diberi jatah waktu pemroses maka pemroses dapat diambil alih oleh proses lain sehingga proses disela sebelum selesai dan harus dilanjutkan menunggu jatah waktu pemroses tiba kembali pada proses itu


Algoritma Penjadwalan
1. Algoritma yang menerapkan strategi nonpreemptive :
  • FIFO (First-in, First-out).
  • SJF (Shortest Job First).
  • HRN (Highest Ratio Next).
  • MFQ (Multiple Feedback Queues).
2. Algortima yang menerapkan strategi preemptive :
  • RR (Round-Robin).
  • SRF (Shortest-Remaining-First).
  • PS (Priority Schedulling).
  • GS (Guaranteed Schedulling).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Evaluasi UI (Usability & User Experience)

Apa itu Usability? Jacob Nielson, usability didefinisikan sebagai kemampuan sistem untuk memenuhi kebutuhan pengguna dengan 5 atribut penilaian, yaitu learnability, efficiency, memorability, errors, dan satisfaction. Pressman, usability merupakan tingkatan kemampuan antarmuka aplikasi dapat digunakan untuk mempermudah hidup pengguna. Santoso, usability merupakan derajat kemampuan sebuah aplikasi untuk membantu pengguna menyelesaikan sebuah tugas. ISO 9241-11 (Bevan, 1995), mendefinisikan usability merupakan sejauh mana suatu produk dapat digunakan oleh pengguna tertentu untuk mencapai target yang ditetapkan dengan effectiveness, efficiency dan satisfaction. Kenapa sih Usability itu Penting? Memudahkan pengguna Aplikasi mudah dipelajari Aplikasi harus berjalan sesuai fungsinya Berdampak Pada Faktor Kesuksesan Menarik minat penggunanya Alat Uji Usability SUS (System Usability Scale) : SUS merupakan kuesioner yang sederhana dan paling dapat diandalkan. QUIS (Questionnaire for User Int...

Implementasi HTML Bootstrap Design Web ke WordPress

Kemunculan WordPress lebih memudahkan proses perancangan blog. Sebelum adanya WordPress, banyak developer Website yang menggunakan HTML statis bagi merancang blog. Namun, kini para developer sudah mulai beralih menggunakan tampilan yang terdapat di WordPress. Meskipun saat ini tak masalah jika tetap menggunakan HTML statis, tetapi tak ada salahnya bukan jika mempertimbangkan pindah ke WordPress. Kenapa? Karena dengan WordPress, Kamu dapat merancang dan mengelola blog lebih gampang. WordPress menyediakan tema, plugin, widget, dan beragam fitur lainnya yang mempermudah Kamu mengelola blog tanpa berurusan dengan coding. Bagi kamu selaku pemilik blog yang masih menggunakan HTML statis telah seharusnya disarankan sebaiknya Kamu mulai mempertimbangkan untuk melakukan convert HTML ke WordPress. Selain mempermudah Kamu bagi mengelola, WordPress pun mempunyai banyak fitur yang lebih fleksibel ditambah maupun dikurangi diperbandingkan dengan HTML statis. Ada tiga macam cara convert HTML ke WordP...

Logika Fuzzy (Model Sugeno dan Tsukamoto)

Logika Fuzzy adalah metodologi sistem kontrol pemecahan masalah yang cocok digunakan untuk diimplementasikan pada berbagai sistem, mulai dari sistem yang sederhana, sistem kecil, embedded system, jaringan PC, multichannel atau workstation berbasis akuisisi data dan sistem kontrol. Logika ini  merupakan suatu logika yang memiliki nilai kekaburan atau kesamaran antara benar atau salah. Logika Fuzzy sering digunakan dalam bidang elektronika. Konsep logika ini pertama kali diperkenalkan oleh Prof. Lotfi Astor Zadeh pada tahun 1962. A. Model Sugeno Model Sugeno adalah metode interfensi fuzzy untuk aturan yang dipresentasikan dalam bentuk IF-THEN, output yang dihasilkan sistem tidak berupa himpunan fuzzy, tetapi berupa konstanta atau persamaan linear. Sebagai fungsi keanggotaan dari konsekuen, Michio Sugeno mengusulkan penggunaan singleton. Singleton adalah sebuah himpunan fuzzy dengan fungsi keanggotaan yang pada titik tertentu mempunyai sebuah nilai dan 0 diluar titik tersebut. Du...