Apa itu Usability?
Jacob Nielson, usability didefinisikan sebagai kemampuan sistem untuk memenuhi kebutuhan pengguna dengan 5 atribut penilaian, yaitu learnability, efficiency, memorability, errors, dan satisfaction. Pressman, usability merupakan tingkatan kemampuan antarmuka aplikasi dapat digunakan untuk mempermudah hidup pengguna. Santoso, usability merupakan derajat kemampuan sebuah aplikasi untuk membantu pengguna menyelesaikan sebuah tugas. ISO 9241-11 (Bevan, 1995), mendefinisikan usability merupakan sejauh mana suatu produk dapat digunakan oleh pengguna tertentu untuk mencapai target yang ditetapkan dengan effectiveness, efficiency dan satisfaction.
Kenapa sih Usability itu Penting?
- Memudahkan pengguna
- Aplikasi mudah dipelajari
- Aplikasi harus berjalan sesuai fungsinya
- Berdampak Pada Faktor Kesuksesan
- Menarik minat penggunanya
Alat Uji Usability
- SUS (System Usability Scale) : SUS merupakan kuesioner yang sederhana dan paling dapat diandalkan.
- QUIS (Questionnaire for User Interface Satisfaction)
- CSUQ (Computer System Usability Questionnaire)
- Words (adapted from Microsoft’s Product Reaction Cards)
- DLL
Z. Sharfina dan H. B. Santoso, “An Indonesian Adaptation of the System Usability Scale (SUS),” 2016 International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems, ICACSIS 2016, 2016, hal. 145–148.
- Saya berpikir akan menggunakan sistem ini lagi.
- Saya merasa sistem ini rumit untuk digunakan.
- Saya merasa sistem ini mudah digunakan.
- Saya membutuhkan bantuan dari orang lain atau teknisi dalam menggunakan sistem ini.
- Saya merasa fitur-fitur sistem ini berjalan dengan semestinya.
- DLL
- Setiap pertanyaan bernomor ganjil, skor setiap pertanyaan yang didapat dari skor pengguna akan dikurangi 1.
- Setiap pertanyaan bernomor genap, skor akhir didapat dari nilai 5 dikurangi skor pertanyaan yang didapat dari pengguna.
- Skor SUS didapat dari hasil penjumlahan skor setiap pertanyaan yang kemudian dikali 2,5.
Rumus SUS
Skor rata-rata SUS dari banyaknya penelitian adalah 68, maka jika nilai SUS di atas 68 akan dianggap di atas rata-rata dan nilai di bawah 68 di bawah rata-rata
- Prototype aplikasi harus selesai
- Cari pengguna (responden)
- Diberikan kuesioner (angket)
- Responden mengisi form data diri
- Responden mengerjakan tugas (task)
- Responden mengisi kuesioner SUS
- Untuk opsi lain bisa dilakukan dengan cara Wawancara
Apa itu User Experience
User experience (UX) sesuai artinya dalam bahasa indonesia “pengalaman pengguna” adalah pengalaman yang diberikan website atau aplikasi kepada penggunanya agar interaksi yang dilakukan menarik dan menyenangkan. Kalau dulu aplikasi mempunyai usability yang bagus saja cukup. Sekarang sebuah aplikasi juga harus memiliki UX yang bagus.
Mengapa User Experience (UX) itu Penting?
- Memudahkan pengguna
- Menarik Minat Pengguna
- Menghasilkan UI Yang Bagus
- Berdampak Pada Faktor Kesuksesan
- Untuk Memenangkan Persaingan
UEQ (User Experience Questionnaire)
Pengujian UX dapat menggunakan UEQ (User Experience Questionnaire (UEQ). UEQ merupakan alat atau kuesioner yang mudah dan efisien untuk mengukur UX. UEQ sendiri memiliki 26 komponen pertanyaan dan tujuh pilihan jawaban. Versi Asli UEQ menggunakan Bahasa Inggris. UEQ juga memiliki versi Bahasa Indonesia :
H. B. Santoso, M. Schrepp, R. Yugo Kartono Isal, Y. Utomo, dan B.Priyogi, “Measuring User Experience of the Student-Centered e-Learning Environment,” J. Educ. Online-JEO, Vol. 13, No. 1, hal. 142–166, 2016.
6 Skala UEQ
- Daya Tarik: Apakah pengguna menyukai atau tidak menyukai produk?
- Kejelasan: Apakah mudah untuk mengenal produk? Apakah mudah untuk belajar bagaimana gunakan produknya?
- Efisiensi: Bisakah pengguna menyelesaikan tugas mereka tanpa usaha yang sederhana?
- Ketepatan: Apakah pengguna merasa terkendali terhadap interaksi?
- Stimulasi: Apakah menarik dan memotivasi untuk menggunakan produk?
- Kebaruan: Apakah produk itu inovatif dan kreatif? Apakah produk menangkap minat pengguna?
Contoh Item UEQ
- Prototype aplikasi harus selesai
- Cari pengguna (responden)
- Diberikan kuesioner (angket)
- Responden mengisi form data diri
- Responden mengerjakan tugas (task)
- Responden mengisi kuesioner UEQ
- Untuk opsi lain bisa juga dilakukan dengan cara wawancara
Untuk penjelasan yang lebih lengkap tentang UEQ bisa di cek pada link berikut :
Komentar
Posting Komentar