Langsung ke konten utama

Konsep Interaksi Manusia dan Komputer

Sejarah IMK (Interaksi Manusia dan Komputer)

Istilah Antarmuka Pengguna atau User Interface yang juga dikenal dengan istilah Man-Machine Interface (MMI) mulai dikenal kan pada tahun 1970 dan mulai menjadi topik perhatian bagi penilitian dan perancang sistem

Perusahaan komputer mulai memikirkan aspek fisik dari antarmuka pengguna sebagai faktor penentu keberhasilan dalam pemasaran produknya.

Istilah human-computer interaction (HCI) mulai muncul pertengahan tahun 1980-an sebagai studi yang baru. Istilah HCI mengisyaratkan bahwa bidang studi ini merancang fokus yang lebih luas, tidak hanya sekedar perancangan antarmuka secara fisik.

Pengaplikasian IMK
  • Perkantoran
  • Otomotif
  • Penerbangan 
  • Komunikasi
  • Dll

Mengapa IMK ?

Pada awalnya hanya pengguna tertentu yang bisa menggunakan komputer. Namun, saat ini teknologi komputer sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia (pervasive), sehingga interaksi dengan komputer harus intuitif dan jelas. Keinginan manusia untuk mendapatkan kemudahan dalam menggunakan komputer untuk membantu pekerjaan manusia dalam menyelesaikan suatu persoalan semakin meningkat. Sehingga muncul perubahan-perubahan teknologi yang di desain untuk mempermudah manusia dalam menggunakan komputer. Perubahan teknologi tersebut membuat sistem yang didesain harus sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan orang yang menggunakannya dan bersifat transparan. Maka dari itu, desain interface tidak hanya mempertimbangkan aspek fisik saja, tapi juga harus memperhatikan kemampuan dan keterbatasan manusia.

Tujuan Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)

Interaksi Manusia dan Komputer dibuat bertujuan untuk :
  • Menghasilkan sistem yang berguna dan aman
  • WYSIWYG (what you see is what you get)
  • Mengurangi frustasi, ketidakamanan, dan kebingungan pada pengguna atau user
  • Memberikan feed-back yang diperlukan oleh pengguna
  • Membantu desainer dalam merancang sistem komputer yang user-friendly (ramah dengan pengguna) 

Kriteria User Friendly

Sistem komputer dapat dikatakan User Friendly atau ramah dengan pengguna apabila memenuhi kriteria berikut :
  • Memiliki tampilan yang bagus
  • Mudah dioperasikan
  • Mudah dipelajari
  • Pengguna selalu merasa senang setiap kali menggunakan software tersebut

Disiplin Ilmu Dalam Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)

Disiplin ilmu yang memiliki keterkaitan dengan IMK :
  • Ilmu komputer (desain aplikasi & teknik human interface)
  • Psikologi (aplikasi dan teori proses kognitif dan menganalisis perilaku user)
  • Sosiologi & antropologi (interaksi antara teknologi, work, dan organisasi)
  • Industrial design (produk interaktif)
  • Teknik sipil (infrastruktur fisik)
  • Teknik Mesin (robotika)

UI VS IMK

Perbedaan antara User Interface (UI) dan Human Computer Interface (HCI) adalah :
a.   User Interface (UI)
User Interface (UI) merupakan bagian dari aplikasi yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan komputer untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Jadi, UI adalah jembatan komunikasi yang menjembatani antara user dengan komputer.
b.   Human Computer Interface (HCI)
Human Computer Interface (HCI) merupakan perancangan, implementasi, dan evaluasi dari user interface. Jadi perbedaan antara UI dan HCI yaitu  HCI adalah perancangan sedangkan UI ialah antarmukanya.

Komentar