Langsung ke konten utama

Audio dalam Sistem Multimedia

Apa itu Audio ?

Audio adalah suara atau bunyi yang dihasilkan oleh getaran suatu benda. Suara terdiri dari kata yang diucapkan, suara, music dan bahkan kebisingan. Audio merupakan salah satu komponen yang penting dalam multimedia.

Peranan Audio
Audio memiliki beberapa peranan dalam multimedia, seperti :
  • Music
  • Sound Effect
  • Background Music
  • Beberapa peranan lainnya.

Sumber Audio
Dalam multimedia, Audio berasal dari beberapa sumber, seperti :
  •  Rekaman Suara
  • Alat music
  • Audio Digital
  • Beberapa sumber lainnya.

Amplitudo
Amplitudo adalah Keras lemahnya bunyi atau tinggi rendahnya gelombang. Satuan Amplitudo adalah decibel (db). Desible (db) adalah Level tekanan suar. Bunyi dapat merusak telinga jika tingkat volumenya lebih besar dari 85 db dan pada ukuran 130 db akan mampu membuat hancur gendang telinga.  Standar level tekanan audio digital adalah 89 db. 

Kompresi Audio
Kompresi audio adalah proses yang bertujuan untuk mengecilkan ukuran file audio. Teknik kompresi audio ada dua jenis, Lossless compression dan Lossy Compression. 
  • Lossless Compression adalah jenis kompresi dimana selama proses kompresi tidak ada data yang hilang. Lossless Compression memiliki detail yang diupayakan sangat mendekati aslinya. Kompresi lossless menjadikan data menjadi ukuran file yang lebih kecil dengan menggunakan semacam steno internal untuk menandakan data yang berlebihan. Kompresi lossless dapat mengurangi ukuran data menjadi sekitar setengah ukuran itu, tergantung ukuran file tersebut. Kompresi lossless berguna untuk menyimpan file karena mengambil lebih sedikit volume.
  • Lossy Compression adalah jenis kompresi dimana selama kompresi ada data yang dihilangkan. Teknik kompresi lossy ini akan menghilangkan informasi yang tidak dibutuhkan atau berlebihan, guna menghemat ruang penyimpanan. Sehingga mengakibatkan berkurangkan kualitas audio demi mengurangin ukuran file. Lossy Compression menghilangkan beberapa detail yang tidak dapat dideteksi oleh indra manusia secara umum.

Format Audio
Ada tiga kelompok utama dari format file audio, yaitu : 
  • Uncompressed format audio, seperti WAV, AIFF, AU atau raw header-less PCM
  • Format dengan kompresi lossless, seperti FLAC, Audio (nama file ekstensi APE), Monyet WavPack (nama file ekstensi WV), shorten, TTA, ATRAC Advanced Lossless, Apple Lossless, MPEG-4 SLS, MPEG-4 ALS, MPEG-4 DST, Windows Media Audio Lossless (WMA Lossless)
  • Format dengan lossy compression, seperti MP3, Vorbis, Musepack, AAC, ATRAC dan lossy Windows Media Audio (WMA).
Beberapa format file audio lain yang juga sering digunakan :

a.     WAV (WAVE-form)
File Format & extension : *.wav atau *.wv
Bit Rate : 1411 kbps
Compression : none
Comon User : menyimpan data audio mentah pada Windows dan menggunakan metode yang sama dengan AIFF Apple untuk menyimpan data.

b.    Ogg dan Ogg Vorbis
File Format & extension : *.ogg, .*ogv, *.oga, *.ogx, *.ogm, *.spx, *.opus
Bit Rate : 499 kbps
Compression : loosy
Comon User : winamp, sangat populer dikalangan open source, karena kualitas dan sifatnya yang gratis. Namun hingga saat ini walaupun gratis, masih sedikit player yang mendukung format ini, salah satu yang terkenal adalah winamp yang ikut mendukung format Ogg Vorbis.

c.    MP3 (MPEG Audio Layer 3)
File Format & extension : *.mp3 , *.bit (sebelum 1995)
Bit Rate : Bit rates maskimal sampai 320 kilobits per second (Kbps).
Compression :lossy format. 
Comon User : Pengguna dari mp3 adalah orang-orang yang biasa mendengarkan musik. Banyak file audio untuk musik tersedia dalam format ini.

d.    MIDI
File Format & extension : *.midi
Bit Rate : -
Compression : none
Comon User : Dengan menggunakan format MIDI, perangkat elektronik seperti keyboard dan computer dapat melakukan sinkronisasi satu sama lain. Biasanya digunakan untuk membuat file musik bukan dalam bentuk suara, bahkan suatu file simfoni 5 menit, dapat dimuat dalam file 50kb.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Logika Fuzzy (Model Sugeno dan Tsukamoto)

Logika Fuzzy adalah metodologi sistem kontrol pemecahan masalah yang cocok digunakan untuk diimplementasikan pada berbagai sistem, mulai dari sistem yang sederhana, sistem kecil, embedded system, jaringan PC, multichannel atau workstation berbasis akuisisi data dan sistem kontrol. Logika ini  merupakan suatu logika yang memiliki nilai kekaburan atau kesamaran antara benar atau salah. Logika Fuzzy sering digunakan dalam bidang elektronika. Konsep logika ini pertama kali diperkenalkan oleh Prof. Lotfi Astor Zadeh pada tahun 1962. A. Model Sugeno Model Sugeno adalah metode interfensi fuzzy untuk aturan yang dipresentasikan dalam bentuk IF-THEN, output yang dihasilkan sistem tidak berupa himpunan fuzzy, tetapi berupa konstanta atau persamaan linear. Sebagai fungsi keanggotaan dari konsekuen, Michio Sugeno mengusulkan penggunaan singleton. Singleton adalah sebuah himpunan fuzzy dengan fungsi keanggotaan yang pada titik tertentu mempunyai sebuah nilai dan 0 diluar titik tersebut. Du...

Evaluasi UI (Usability & User Experience)

Apa itu Usability? Jacob Nielson, usability didefinisikan sebagai kemampuan sistem untuk memenuhi kebutuhan pengguna dengan 5 atribut penilaian, yaitu learnability, efficiency, memorability, errors, dan satisfaction. Pressman, usability merupakan tingkatan kemampuan antarmuka aplikasi dapat digunakan untuk mempermudah hidup pengguna. Santoso, usability merupakan derajat kemampuan sebuah aplikasi untuk membantu pengguna menyelesaikan sebuah tugas. ISO 9241-11 (Bevan, 1995), mendefinisikan usability merupakan sejauh mana suatu produk dapat digunakan oleh pengguna tertentu untuk mencapai target yang ditetapkan dengan effectiveness, efficiency dan satisfaction. Kenapa sih Usability itu Penting? Memudahkan pengguna Aplikasi mudah dipelajari Aplikasi harus berjalan sesuai fungsinya Berdampak Pada Faktor Kesuksesan Menarik minat penggunanya Alat Uji Usability SUS (System Usability Scale) : SUS merupakan kuesioner yang sederhana dan paling dapat diandalkan. QUIS (Questionnaire for User Int...

Implementasi HTML Bootstrap Design Web ke WordPress

Kemunculan WordPress lebih memudahkan proses perancangan blog. Sebelum adanya WordPress, banyak developer Website yang menggunakan HTML statis bagi merancang blog. Namun, kini para developer sudah mulai beralih menggunakan tampilan yang terdapat di WordPress. Meskipun saat ini tak masalah jika tetap menggunakan HTML statis, tetapi tak ada salahnya bukan jika mempertimbangkan pindah ke WordPress. Kenapa? Karena dengan WordPress, Kamu dapat merancang dan mengelola blog lebih gampang. WordPress menyediakan tema, plugin, widget, dan beragam fitur lainnya yang mempermudah Kamu mengelola blog tanpa berurusan dengan coding. Bagi kamu selaku pemilik blog yang masih menggunakan HTML statis telah seharusnya disarankan sebaiknya Kamu mulai mempertimbangkan untuk melakukan convert HTML ke WordPress. Selain mempermudah Kamu bagi mengelola, WordPress pun mempunyai banyak fitur yang lebih fleksibel ditambah maupun dikurangi diperbandingkan dengan HTML statis. Ada tiga macam cara convert HTML ke WordP...