Langsung ke konten utama

Tahapan Pembuatan Aplikasi dalam HCI


Apa itu Interaksi Manusia dan Komputer / Human-Computer Interaction ?

Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) atau Human-Computer Interaction (HCI) merupakan sebuah disiplin ilmu yang mempelajari perancangan, implementasi, dan evaluasi sistem komputasi interaktif 
dan berbagai aspek terkait.

Interaksi Manusida dan Komputer dapat dikatakan juga sebagai serangkaian proses, dialog, dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia agar dapat berinteraksi dengan komputer dengan saling memberi masukkan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan.

IMK pada prinsipnya membuat agar sistem dapat berdialog dengan penggunanya seramah mungkin.

Tahapan Human-computer interaction (HCI)
1.  Perencanaan
Manfaat yang didapatkan dalam perancangan :
  • Mudah menggambar : Tidak membutuhkan alat khusus.
  • Mudah dimodifikasi : tidak perlu pemrograman untuk memvisualisasikan ide-ide desain baru.
  • Tidak diperlukan pengkodean : Hanya perlu menggambar bingkai gambar seolah-olah Anda menggunakan alat gambar.
Ada beberapa jenis dalam perancangan, seperti :
a.  Wireframe
Wireframe adalah sketsa antarmuka pengguna dan user interface (UI). Wireframe dapat disebut sebagai blueprint dalam arsitektur. Tujuan dibuatnya wireframe bukan desain visual, namun menyampaikan susunan, struktur, layout, navigasi, dan organisir konten.

b.  Storyboard

Storyboard adalah penggambaran visual adegan, dialog, aksi dalam urutan berurutan. Storyboard dapat dikatakan juga visual script yang akan dijadikan outline dari sebuah proyek, ditampilkan shot by shot yang biasa disebut dengan istilah Scene.

c.  Wireflow
Wireflow adalah representasi dari aliran layar dengan mengumpulkan satu set wireframes terkait mengikuti urutan mereka muncul dalam aliran.

d.  Mockup
Mockup adalah desain statis menyerupai hasil akhir untuk mewakili suatu produk. Mockup memberikan gambaran secara detail sebelum produk dibuat.

e.  Prototype
Prototype adalah versi konsep produk yang memungkinkan Anda menjelajahi ide-ide Anda dan menunjukkan rencana fitur atau konsep desain keseluruhan kepada pengguna sebelum ke tahapan pengembangan atau implementasi.

2.  Implementasi
Implementasi adalah menerapkan hasil rancangan dari Wirefame, Storyboard, Wireflow, Mockup, Prototipe ke dalam bentuk aplikasi nyata.
Jenis Platform yang dapat diterapkan :
a. Aplikasi Mobile
  • Android Studio
      b. Aplikasi Desktop

  • Visual Basic (VB) dan Visual Basic Net (VB Net)
      c. Website
  • Promramming Native
         -  HTML
         -  CSS
         -  PHP
  • Framework
         -  CSS (Bootstrap + PHP)
         -  PHP (CI, Yii, Laravel)
  • CMS (Content Management System)
         -  Wordpress
         -  Joomla
         -  Drupal

3. Evaluasi
  • Usability
Usability merupakan tingkatan kemampuan antarmuka aplikasi dapat digunakan untuk mempermudah hidup pengguna.
  • User Experience (UX)
User experience sesuai artinya dalam bahasa Indonesia “pengalaman pengguna” adalah pengalaman yang diberikan website atau aplikasi kepada penggunanya agar interaksi yang dilakukan menarik dan menyenangkan.

Tahapan dalam Evaluasi :
1.  Prototype
2.  Tugas Untuk User (Task)
3.  Kuesioner (Angket)
4.  Pengguna (User)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Evaluasi UI (Usability & User Experience)

Apa itu Usability? Jacob Nielson, usability didefinisikan sebagai kemampuan sistem untuk memenuhi kebutuhan pengguna dengan 5 atribut penilaian, yaitu learnability, efficiency, memorability, errors, dan satisfaction. Pressman, usability merupakan tingkatan kemampuan antarmuka aplikasi dapat digunakan untuk mempermudah hidup pengguna. Santoso, usability merupakan derajat kemampuan sebuah aplikasi untuk membantu pengguna menyelesaikan sebuah tugas. ISO 9241-11 (Bevan, 1995), mendefinisikan usability merupakan sejauh mana suatu produk dapat digunakan oleh pengguna tertentu untuk mencapai target yang ditetapkan dengan effectiveness, efficiency dan satisfaction. Kenapa sih Usability itu Penting? Memudahkan pengguna Aplikasi mudah dipelajari Aplikasi harus berjalan sesuai fungsinya Berdampak Pada Faktor Kesuksesan Menarik minat penggunanya Alat Uji Usability SUS (System Usability Scale) : SUS merupakan kuesioner yang sederhana dan paling dapat diandalkan. QUIS (Questionnaire for User Int...

Implementasi HTML Bootstrap Design Web ke WordPress

Kemunculan WordPress lebih memudahkan proses perancangan blog. Sebelum adanya WordPress, banyak developer Website yang menggunakan HTML statis bagi merancang blog. Namun, kini para developer sudah mulai beralih menggunakan tampilan yang terdapat di WordPress. Meskipun saat ini tak masalah jika tetap menggunakan HTML statis, tetapi tak ada salahnya bukan jika mempertimbangkan pindah ke WordPress. Kenapa? Karena dengan WordPress, Kamu dapat merancang dan mengelola blog lebih gampang. WordPress menyediakan tema, plugin, widget, dan beragam fitur lainnya yang mempermudah Kamu mengelola blog tanpa berurusan dengan coding. Bagi kamu selaku pemilik blog yang masih menggunakan HTML statis telah seharusnya disarankan sebaiknya Kamu mulai mempertimbangkan untuk melakukan convert HTML ke WordPress. Selain mempermudah Kamu bagi mengelola, WordPress pun mempunyai banyak fitur yang lebih fleksibel ditambah maupun dikurangi diperbandingkan dengan HTML statis. Ada tiga macam cara convert HTML ke WordP...

Logika Fuzzy (Model Sugeno dan Tsukamoto)

Logika Fuzzy adalah metodologi sistem kontrol pemecahan masalah yang cocok digunakan untuk diimplementasikan pada berbagai sistem, mulai dari sistem yang sederhana, sistem kecil, embedded system, jaringan PC, multichannel atau workstation berbasis akuisisi data dan sistem kontrol. Logika ini  merupakan suatu logika yang memiliki nilai kekaburan atau kesamaran antara benar atau salah. Logika Fuzzy sering digunakan dalam bidang elektronika. Konsep logika ini pertama kali diperkenalkan oleh Prof. Lotfi Astor Zadeh pada tahun 1962. A. Model Sugeno Model Sugeno adalah metode interfensi fuzzy untuk aturan yang dipresentasikan dalam bentuk IF-THEN, output yang dihasilkan sistem tidak berupa himpunan fuzzy, tetapi berupa konstanta atau persamaan linear. Sebagai fungsi keanggotaan dari konsekuen, Michio Sugeno mengusulkan penggunaan singleton. Singleton adalah sebuah himpunan fuzzy dengan fungsi keanggotaan yang pada titik tertentu mempunyai sebuah nilai dan 0 diluar titik tersebut. Du...