Apa itu Interaksi
Manusia dan Komputer / Human-Computer Interaction ?
Interaksi Manusia dan
Komputer (IMK) atau Human-Computer Interaction (HCI) merupakan sebuah disiplin ilmu
yang mempelajari perancangan, implementasi, dan evaluasi sistem komputasi interaktif
dan berbagai aspek terkait.
Interaksi Manusida dan
Komputer dapat dikatakan juga sebagai serangkaian proses, dialog, dan kegiatan
yang dilakukan oleh manusia agar dapat berinteraksi dengan komputer dengan
saling memberi masukkan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk
memperoleh hasil akhir yang diharapkan.
IMK pada prinsipnya
membuat agar sistem dapat berdialog dengan penggunanya seramah mungkin.
Tahapan Human-computer
interaction (HCI)
1. Perencanaan
Manfaat yang didapatkan dalam perancangan :
- Mudah menggambar : Tidak membutuhkan alat khusus.
- Mudah dimodifikasi : tidak perlu pemrograman untuk memvisualisasikan ide-ide desain baru.
- Tidak diperlukan pengkodean : Hanya perlu menggambar bingkai gambar seolah-olah Anda menggunakan alat gambar.
Ada beberapa jenis dalam perancangan, seperti :
Wireframe adalah sketsa antarmuka pengguna dan user interface (UI). Wireframe dapat disebut sebagai blueprint dalam arsitektur. Tujuan dibuatnya wireframe bukan desain visual, namun menyampaikan susunan, struktur, layout, navigasi, dan organisir konten.
Storyboard adalah penggambaran visual adegan, dialog, aksi dalam urutan berurutan. Storyboard dapat dikatakan juga visual script yang akan dijadikan outline dari sebuah proyek, ditampilkan shot by shot yang biasa disebut dengan istilah Scene.
Wireflow adalah representasi dari aliran layar dengan mengumpulkan satu set wireframes terkait mengikuti urutan mereka muncul dalam aliran.
d. Mockup
Mockup adalah desain statis menyerupai hasil akhir untuk mewakili suatu produk. Mockup memberikan gambaran secara detail sebelum produk dibuat.
e. Prototype
Prototype adalah versi konsep produk yang memungkinkan Anda menjelajahi ide-ide Anda dan menunjukkan rencana fitur atau konsep desain keseluruhan kepada pengguna sebelum ke tahapan pengembangan atau implementasi.
2. Implementasi
Implementasi adalah menerapkan hasil rancangan dari
Wirefame, Storyboard, Wireflow, Mockup, Prototipe ke dalam bentuk aplikasi
nyata.
Jenis Platform yang dapat diterapkan :
a. Aplikasi Mobile
- Android Studio
- Visual Basic (VB) dan Visual Basic Net (VB Net)
- Promramming Native
- CSS
- PHP
- Framework
- PHP (CI, Yii, Laravel)
- CMS (Content Management System)
- Joomla
- Drupal
3. Evaluasi
- Usability
Usability merupakan tingkatan kemampuan antarmuka aplikasi
dapat digunakan untuk mempermudah hidup pengguna.
- User Experience (UX)
User experience sesuai artinya dalam bahasa
Indonesia “pengalaman pengguna” adalah pengalaman yang diberikan website atau
aplikasi kepada penggunanya agar interaksi yang dilakukan menarik dan menyenangkan.
Tahapan dalam Evaluasi :
1. Prototype
2. Tugas Untuk User
(Task)
3. Kuesioner
(Angket)
4. Pengguna (User)
Komentar
Posting Komentar