Langsung ke konten utama

Mengenal tentang Sistem Multimedia


Definisi Multimedia menurut bahasa berasal dari bahasa latin “multi” yang memiliki arti banyak dan “media” yang memiliki arti tengah atau belakangan ini sering disebut perantara.  Jadi, multimedia (multiple intermediaries atau multiple means) memiliki arti beberapa perantara atau banyak arti. Sehingga dapat disimpulkan multimedia adalah kombinasi dari teks, foto, seni grafis, suara, animasi dan elemen video yang dimanipulasi secara digital. Untuk memproduksi multimedia ini memerlukan kreativitas, kemampuan teknis, organisasi serta bisnis.

Dalam multimedia terdapat beberapa komponen. Komponen yang ada pada multimedia :
a.  Text
b.  Image
c.  Animation
d.  Audio
e.  Video

Multimedia dapat digunakan pada berbagai sektor. Berikut sektor-sektor yang telah memanfaatkan multimedia dalam kesehariaannya :
a.  Bisnis
b.  Sekolah
c.  Rumah 
d.  Industri kreatif
e.  Umum
f.  Hiburan dan seni rupa
g.  Pendidikan
h. Jurnalisme
i.  Teknik
j.  Industri
k.  Matematika dan penelitian ilmiah
l.  Kesehatan
m. Disabilitas
  
Dalam membuat proyek multimedia tentunya dibutuhkan berbagai tahapan. Tahapan-tahapan yang dilakukan dalam membuat proyek multimedia :
a.   Perencanaan dan Pembiayaan
b.   Desain dan Produksi
c.   Pengujian
  • Alpha
  • Beta
d.   Delivery
e.   Multimedia yang sukses memerlukan kombinasi dari keahlian dan keterampilan, tidak hanya dari sisi artistik tetapi juga organisasi, waktu dan uang. 


Media pengirim yang dapat digunakan dalam multimedia adalah :
  • CD
  • DVD
  • USB Flashdisk
  • HDD
  • SSD
  • Streaming (Online)



Dalam sebuah proyek multimedia tentunya dibutuhkan tim-tim yang dapat bekerjasama dengan baik. Tim multimedia yang dibutuhkan dalam membuat sebuah proyek multimedia :

1.  Manajer Proyek
Manajer Proyek bertanggung jawab untuk keseluruhan pengembangan dan implementasi proyek seperti, biaya, jadwal dan lainnya. Seorang Manajer Proyek harus memiliki keahlian dalam beberapa bidang seperti :
  • Harus ahli dan berpengalaman dalam menangani proyek yang kompleks
  • Harus ahli dan berpengalaman dalam media ionteraktif
  • Harus memiliki pemahaman tentang desain antarmuka
  • Memiliki keahlian berkomunikasi
  • Memiliki perhatian lebih detail dan memiliki kemampuan untuk mengkoordinasi informasi dalam jumlah banyak
2.  Desainer Multimedia
Desainer Multimedia mampu melihat keseluruhan isi proyek, menciptakan struktur untuk isi, menentukan desain element yang diperlukan untuk mendukung struktur tersebut dan memutusklan media mana yang sesuai untuk mempresentasikan setiap isi. Keterampilan dan pengalaman yang diperlukan untuk menjadi seorang Desainer Multimedia :
  • Harus berpengalaman dalam men desain sistem informasi besar atau sistemk periklanan
  • Harus berpengalaman dalam menciptakan aliran sistem dan arsitektur program
  • Harus memiliki keterampilan organisasi yang baik dan perhatian terhadap detail
3.  Desainer Antarmuka
Desainer Antarmuka adalah orang yang menciptakan perangkat lunak yang mengorganisasikan isi multimedia, mengizinkan pengguna untuk mengakses dan memodifikasi isinya dan yang menampilkan isinya pada layar. Pengalaman dan keahlian yang harus dimiliki oleh seorang Desainer antarmuka adalah :
  • Harus berpengalaman dalam desain grafis
  • Harus berpengalaman dalam animasi
  • Harus berpengalaman dalam video grafis dan editing
4.  Penulis
Penulis Multimedia adalah orang yang menciptakan karakter, aksi, skrip, narasi dan lainnya. Kemampuan dan pengalaman yang diperlukan untuk menjadi seorang Penulis  Multimedia :
  • Harus familiar dengan desain inteaktif dan isu antarmuka pengguna
  • Harus berpengalaman dalam bidang pemasaran dan copywriting
  • Memiliki kemampuan untuk bekerja dibawah deadline yang padat
5.  Spesialis Video
Spesialis Video bertanggung jawab secara keseluruhan untuk proses syuting dan editing.
Kemampuan yang harus dimiliki untuk menjadi seorang Spesialis Video :
  • Harus memiliki latar belakang kuat dalam pengarah video, editing, dan mempersiapkan video digital untuk pengiriman yang efisien
  • Harus memiliki pemahaman yang baik mengenai pengambilan gambar untuk pemrograman interaktif
  • Harus berpengalaman bekerja dalam blue screen untuk pembuatan video
6.  Spesialis Audio
Spesialis Audio adalah orang yang membuat program multimedia menjadi hidup, mendesain dan membuat musik, narasi pengisi suara, dan efek suara. Kemampuan yang harus dimiliki untuk menjadi Spesialis Audio :
  • Harus memiliki latar belakang kuat dalam teknik rekaman studio
  • Familier dengan aturan rekaman standar
  • Harus fasih dengan MIDI
7.  Programer Multimedia
Programer multimedia atau perancangan perangkat lunak menintegrasikan semua elemen multimedia dari suatu proyek ke dalam bentuk keseluruhan yang menyatu menggunakan sistem atau bahasa Pemrograman. Kemampuan dan pengetahuan yang harus dimiliki seorang Programer Multimedia :
  • Harus memiliki pengetahuan tentang ActionScript, Java & C/C++
  • Harus bekerja cepat dalam lingkungan tim
  • Memlikiki pengetahuan tengang HTML5, Flash Dll


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Evaluasi UI (Usability & User Experience)

Apa itu Usability? Jacob Nielson, usability didefinisikan sebagai kemampuan sistem untuk memenuhi kebutuhan pengguna dengan 5 atribut penilaian, yaitu learnability, efficiency, memorability, errors, dan satisfaction. Pressman, usability merupakan tingkatan kemampuan antarmuka aplikasi dapat digunakan untuk mempermudah hidup pengguna. Santoso, usability merupakan derajat kemampuan sebuah aplikasi untuk membantu pengguna menyelesaikan sebuah tugas. ISO 9241-11 (Bevan, 1995), mendefinisikan usability merupakan sejauh mana suatu produk dapat digunakan oleh pengguna tertentu untuk mencapai target yang ditetapkan dengan effectiveness, efficiency dan satisfaction. Kenapa sih Usability itu Penting? Memudahkan pengguna Aplikasi mudah dipelajari Aplikasi harus berjalan sesuai fungsinya Berdampak Pada Faktor Kesuksesan Menarik minat penggunanya Alat Uji Usability SUS (System Usability Scale) : SUS merupakan kuesioner yang sederhana dan paling dapat diandalkan. QUIS (Questionnaire for User Int...

Implementasi HTML Bootstrap Design Web ke WordPress

Kemunculan WordPress lebih memudahkan proses perancangan blog. Sebelum adanya WordPress, banyak developer Website yang menggunakan HTML statis bagi merancang blog. Namun, kini para developer sudah mulai beralih menggunakan tampilan yang terdapat di WordPress. Meskipun saat ini tak masalah jika tetap menggunakan HTML statis, tetapi tak ada salahnya bukan jika mempertimbangkan pindah ke WordPress. Kenapa? Karena dengan WordPress, Kamu dapat merancang dan mengelola blog lebih gampang. WordPress menyediakan tema, plugin, widget, dan beragam fitur lainnya yang mempermudah Kamu mengelola blog tanpa berurusan dengan coding. Bagi kamu selaku pemilik blog yang masih menggunakan HTML statis telah seharusnya disarankan sebaiknya Kamu mulai mempertimbangkan untuk melakukan convert HTML ke WordPress. Selain mempermudah Kamu bagi mengelola, WordPress pun mempunyai banyak fitur yang lebih fleksibel ditambah maupun dikurangi diperbandingkan dengan HTML statis. Ada tiga macam cara convert HTML ke WordP...

Logika Fuzzy (Model Sugeno dan Tsukamoto)

Logika Fuzzy adalah metodologi sistem kontrol pemecahan masalah yang cocok digunakan untuk diimplementasikan pada berbagai sistem, mulai dari sistem yang sederhana, sistem kecil, embedded system, jaringan PC, multichannel atau workstation berbasis akuisisi data dan sistem kontrol. Logika ini  merupakan suatu logika yang memiliki nilai kekaburan atau kesamaran antara benar atau salah. Logika Fuzzy sering digunakan dalam bidang elektronika. Konsep logika ini pertama kali diperkenalkan oleh Prof. Lotfi Astor Zadeh pada tahun 1962. A. Model Sugeno Model Sugeno adalah metode interfensi fuzzy untuk aturan yang dipresentasikan dalam bentuk IF-THEN, output yang dihasilkan sistem tidak berupa himpunan fuzzy, tetapi berupa konstanta atau persamaan linear. Sebagai fungsi keanggotaan dari konsekuen, Michio Sugeno mengusulkan penggunaan singleton. Singleton adalah sebuah himpunan fuzzy dengan fungsi keanggotaan yang pada titik tertentu mempunyai sebuah nilai dan 0 diluar titik tersebut. Du...