Langsung ke konten utama

Mengimplementasikan Mockup ke Prototype


Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indoensia), Implementasi adalah pelaksanaan atau penerapan. Jadi, Secara umum Implementasi merupakan suatu tindakan dan pelaksanaan dari rencana yang sudah disusun secara cermat dan matang sebelumnya. Menurut Solichin Abdul Wahab (1997), Implementasi adalah berbagai tindakan yang dilakukan oleh individu, pejabat, kelompok pemerintah, atau swasta yang diarahkan agar tercapainya tujuan-tujuan yang sudah digasikan dalam keputusan kebijakan. Sedangkan menurut Wheelen Dan Hunger, Pengertian implementasi adalah suatu proses untuk menempatkan dan menerapkan informasi dalam operasi.

Tujuan dari Mengimplementasikan Sistem
  • Membuat desain sistem selama melakukan penelitian analisa
  • Menguji serta mendokumentasi prosedur dan program yang dibutuhkan
  • Menyelesaikan desain sistem yang sudah disetujui
  • Memperhitungkan sistem yang sudah dibuat sesuai kebutuhan pengguna.
Salah satu tahapan untuk membuat sebuah website atau aplikasi adalah dengan membuat desain mockup. Mockup merupakan visualisasi calon website secara nyata. Sebelum membuat website atau aplikasi, seorang desainer web/aplikasi harus terlebih dahulu membuat mockup desain web yang nantinya akan diciptakan. Pada artikel sebelumnya, saya pernah menjelaskan tentang mockup. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang mockup, dapat dilihat pada artikel berikut Desain Mockup 

Prototype merupakan sampel awal dan model dari sebuah produk yang akan dibuat untuk menguji konsep atau proses. Dalam bahasa Indonesia, Prototype disebut juga dengan Purwarupa. Membuat Prototype juga merupakan salah satu tahapan untuk membuat sebuah website atau aplikasi. Pada tahapan ini, pembuatan prototype bertujuan untuk pengembangan produk sebelum nantinya produk akan diproduksi. Oleh karena itu, Prototype dibuat sebelum website atau aplikasi akan dikembangkan. Prototype adalah sebuah Javascript Framework yang dibuat untuk lebih memudahkan proses dalam membangun aplikasi berbasis web.

Setelah membuat Mockup, tahapan selanjutnya dalam pembuatan website atau aplikasi adala dengan mengimplementasikan mockup tersebut menjadi prototype. Setelah itu, lakukan uji fungsi pada prototype hasil implementasi tersebut. Hal ini bertujuan untuk menguji apakah fungsi-fungsi perpindahan antar UI yang digunakan pada website atau aplikasi yang akan diciptakan dapat dijalankan dan bekerja dengan baik. Untuk mengimplementasikan Prototype, kamu bisa menggunakan beberapa software seperti.

1. Microsoft Power Point

Microsoft Power Point merupakan sofware presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft didalam paket aplikasi kantoran mereka. Selain menjadi software presentasi, kamu juga bisa mengguanakn Microsoft Power Point untuk membuat Prototyope website atau aplikasi yang akan kamu ciptakan nanti. Untuk mengetahui cara membuat Prototype menggunakan Microsoft Power Point, kamu bisa mencoba menonton video berikut di youtube https://www.youtube.com/watch?v=oLCEKZy_QDg

2. Axure 

Software ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk membuat prototype website atau aplikasi mu. Axure dapat membantu desainer tanpa perlu memiliki kemampuan pemrograman untuk membuat prototype yang kompleks, caranya cukup dengan menggunakan conditional logic, dynamic content, animasi, fungsi matematika, dan data-driven interactions tanpa perlu menulis satu barispun kode.

3. Sketch 

Saat ini, Sketch merupakan salah satu software untuk prototype yang mendunia. Fitur-fitur yang dibangun oleh komunitas developer seperti intuitive interface dan powerful plugins sangat berguna bagi desainer. Meski demikian, Sketch hanya dapat digunkan pada sistem operasi MacOS, karena Sketch memiliki fitur-fitur yang hanya dapat dijalankan di IOS saja. Selain itu, Sketch juga merupakan aplikasi berbayar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Evaluasi UI (Usability & User Experience)

Apa itu Usability? Jacob Nielson, usability didefinisikan sebagai kemampuan sistem untuk memenuhi kebutuhan pengguna dengan 5 atribut penilaian, yaitu learnability, efficiency, memorability, errors, dan satisfaction. Pressman, usability merupakan tingkatan kemampuan antarmuka aplikasi dapat digunakan untuk mempermudah hidup pengguna. Santoso, usability merupakan derajat kemampuan sebuah aplikasi untuk membantu pengguna menyelesaikan sebuah tugas. ISO 9241-11 (Bevan, 1995), mendefinisikan usability merupakan sejauh mana suatu produk dapat digunakan oleh pengguna tertentu untuk mencapai target yang ditetapkan dengan effectiveness, efficiency dan satisfaction. Kenapa sih Usability itu Penting? Memudahkan pengguna Aplikasi mudah dipelajari Aplikasi harus berjalan sesuai fungsinya Berdampak Pada Faktor Kesuksesan Menarik minat penggunanya Alat Uji Usability SUS (System Usability Scale) : SUS merupakan kuesioner yang sederhana dan paling dapat diandalkan. QUIS (Questionnaire for User Int...

Implementasi HTML Bootstrap Design Web ke WordPress

Kemunculan WordPress lebih memudahkan proses perancangan blog. Sebelum adanya WordPress, banyak developer Website yang menggunakan HTML statis bagi merancang blog. Namun, kini para developer sudah mulai beralih menggunakan tampilan yang terdapat di WordPress. Meskipun saat ini tak masalah jika tetap menggunakan HTML statis, tetapi tak ada salahnya bukan jika mempertimbangkan pindah ke WordPress. Kenapa? Karena dengan WordPress, Kamu dapat merancang dan mengelola blog lebih gampang. WordPress menyediakan tema, plugin, widget, dan beragam fitur lainnya yang mempermudah Kamu mengelola blog tanpa berurusan dengan coding. Bagi kamu selaku pemilik blog yang masih menggunakan HTML statis telah seharusnya disarankan sebaiknya Kamu mulai mempertimbangkan untuk melakukan convert HTML ke WordPress. Selain mempermudah Kamu bagi mengelola, WordPress pun mempunyai banyak fitur yang lebih fleksibel ditambah maupun dikurangi diperbandingkan dengan HTML statis. Ada tiga macam cara convert HTML ke WordP...

Logika Fuzzy (Model Sugeno dan Tsukamoto)

Logika Fuzzy adalah metodologi sistem kontrol pemecahan masalah yang cocok digunakan untuk diimplementasikan pada berbagai sistem, mulai dari sistem yang sederhana, sistem kecil, embedded system, jaringan PC, multichannel atau workstation berbasis akuisisi data dan sistem kontrol. Logika ini  merupakan suatu logika yang memiliki nilai kekaburan atau kesamaran antara benar atau salah. Logika Fuzzy sering digunakan dalam bidang elektronika. Konsep logika ini pertama kali diperkenalkan oleh Prof. Lotfi Astor Zadeh pada tahun 1962. A. Model Sugeno Model Sugeno adalah metode interfensi fuzzy untuk aturan yang dipresentasikan dalam bentuk IF-THEN, output yang dihasilkan sistem tidak berupa himpunan fuzzy, tetapi berupa konstanta atau persamaan linear. Sebagai fungsi keanggotaan dari konsekuen, Michio Sugeno mengusulkan penggunaan singleton. Singleton adalah sebuah himpunan fuzzy dengan fungsi keanggotaan yang pada titik tertentu mempunyai sebuah nilai dan 0 diluar titik tersebut. Du...