Langsung ke konten utama

Kategori Pengguna/User dalam Interaksi Manusia dan Komputer

Apa itu User ?
Pengguna (user) merupakan orang yang menggunakan computer atau disebut juga Brainware pengguna (user). Untuk mengetahui apa saja jenis-jenis User/Brainware dapat dilihat pada artikel saya yang lalu Mengenal Jenis-Jenis Brainware

Pengguna Dalam IMK
Sebuah aplikasi yang dirancang, diimplementasikan dan dievaluasi oleh UI (User Interface) lalu kemudian aplikasi tersebut akan dapat digunakan atau dioperasikan oleh seorang User / Pengguna. untuk mengetahui tahapan pembuatan aplikasi dapat dilihat pada artikel saya yang lalu Tahapan Pembuatan Aplikasi dalam HCI


Kategori Pengguna

1.   Berdasarkan Usia

Dalam membuat aplikasi kita harus memperhatikan usia target pengguna aplikasi tersebut. Apakah aplikasi itu digunakan hanya untuk anak-anak, remaja, dewasa atau orang tua saja atau bisa digunakan disemua usia. Karena apabila aplikasi tersebut dirancang hanya untuk anak-anak, font dan tampilan nya akan tidak sesuai untuk orang tua karena biasa nya font dan tampilan sebuah aplikasi untuk anak-anak akan memiliki warna-warna menarik dan tulisan yang bervariasi, dan aplikasi untuk orang tua seharusnya memiliki tampilan yang netral saja dan font yang normal serta ukuran font yang besar. Rentang usia pengguna aplikasi adalah :
  • Umur 5-9 tahun
  • Umur 10-14 tahun
  • Umur 15-18 tahun
  • Umur 18-24 tahun
  • Umur 25-34 tahun
  • Umur 35-44 tahun
  • Umur 45-54 tahun
  • Umur 55-64 tahun
  • Umur 65+ tahun

2.   Berdasarkan Jenis kelamin

Aplikasi yang akan dibuat juga harus memperhatikan jenis kelamin pengguna. Karena karakter berbeda-beda setiap jenis kelamin. Misalnya, jika aplikasi itu hanya untuk perempuan, tampilan aplikasi bisa diberi warna seperti pink, ungu dan warna khas perempuan sedangkan untuk laki-laki bisa diberi warna hitam, biru, navy atau warna khas laki-laki. Tetapi, jika aplikasi dapat digunakan untuk laki-laki dan perempuan dapat diberi warna netral ataupun krem.

 3.  Berdasarkan Geografis

Aplikasi yang akan dibuat harus menentuan letak geografis target para pengguna. Karena karakter orang setiap geografis akan berbeda. Misalnya, karakter user di Indonesia akan berbeda dengan user di Negara lain. Seorang programmer harus menentukan bahasa yang akan digunakan, lokasi untuk user serta memerhatikan kebiasaan target pengguna di lokasi tersebut.

4.   Berdasarkan Minat

Aplikasi yang dibuat juga harus memerhatikan minat dari para pengguna. Karena karakter berbeda-beda setiap minat. Berikut kategori minat dari para user :
  • Food Enthusiasts
  • Book Lovers
  • TV Lovers
  • Movie Lovers
  • Music Lovers
  • Shoppers
  • DLL

5.   Berdasarkan Teknologi

Ketika kita akan membuat sebuah aplikasi, kita harus menentukan device, sistem operasi dan kecepatan jaringan data seperti apa yang support untuk aplikasi tersebut. Atau jika itu website, internet explore apa saja yang dapat digunakan untuk website tersebut. Karena aplikasi akan berbeda-beda setiap teknologi yang dipakai. Berikut kategori teknologi yang dapat digunakan : 
  • PC/Laptop/Smartphone
  • Windows 10/Linux/Mac OS
  • iOS/Android/Feature Phone
  • Web/Aplikasi
  • Chrome/Safari/Firefox/Opera/UC
  • 2G/3.5G/4G/Wifi
  • DLL

6.   Berdasarkan Profesi

Ketika akan membuat aplikasi, kita juga harus memperhatikan siapa target pengguna aplikasi atau website tersebut. Karena aplikasi untuk setiap profesi akan berbeda kegunaannya. Misalnya, jika aplikasi itu khusus diciptakan untuk diakses oleh para pelajar, maka aplikasi tersebut tidak akan cocok jika diakses oleh profesi lain seperti Pegawai, Pilot dan Musisi. Namun,  jika aplikasi tersebut dibuat untuk semua kategori pengguna, maka buatlah aplikasi atau UI yang mudah dipahami semua kategori pengguna.

Komentar