Apa itu User ?
Pengguna (user) merupakan orang yang menggunakan computer atau disebut juga Brainware pengguna (user). Untuk mengetahui apa saja jenis-jenis User/Brainware dapat dilihat pada artikel saya yang lalu Mengenal Jenis-Jenis Brainware
Pengguna Dalam IMK
Sebuah aplikasi yang dirancang, diimplementasikan dan dievaluasi oleh UI (User Interface) lalu kemudian aplikasi tersebut akan dapat digunakan atau dioperasikan oleh seorang User / Pengguna. untuk mengetahui tahapan pembuatan aplikasi dapat dilihat pada artikel saya yang lalu Tahapan Pembuatan Aplikasi dalam HCI
Kategori Pengguna
1. Berdasarkan Usia
Sebuah aplikasi yang dirancang, diimplementasikan dan dievaluasi oleh UI (User Interface) lalu kemudian aplikasi tersebut akan dapat digunakan atau dioperasikan oleh seorang User / Pengguna. untuk mengetahui tahapan pembuatan aplikasi dapat dilihat pada artikel saya yang lalu Tahapan Pembuatan Aplikasi dalam HCI
Kategori Pengguna
1. Berdasarkan Usia
Dalam membuat aplikasi kita harus
memperhatikan usia target pengguna aplikasi tersebut. Apakah aplikasi itu
digunakan hanya untuk anak-anak, remaja, dewasa atau orang tua saja atau bisa
digunakan disemua usia. Karena apabila aplikasi tersebut dirancang hanya untuk
anak-anak, font dan tampilan nya akan tidak sesuai untuk orang tua karena biasa
nya font dan tampilan sebuah aplikasi untuk anak-anak akan memiliki warna-warna
menarik dan tulisan yang bervariasi, dan aplikasi untuk orang tua seharusnya
memiliki tampilan yang netral saja dan font yang normal serta ukuran font yang
besar. Rentang usia pengguna aplikasi adalah :
- Umur 5-9 tahun
- Umur 10-14 tahun
- Umur 15-18 tahun
- Umur 18-24 tahun
- Umur 25-34 tahun
- Umur 35-44 tahun
- Umur 45-54 tahun
- Umur 55-64 tahun
- Umur 65+ tahun
Aplikasi yang akan dibuat juga
harus memperhatikan jenis kelamin pengguna. Karena karakter berbeda-beda setiap
jenis kelamin. Misalnya, jika aplikasi itu hanya untuk perempuan, tampilan
aplikasi bisa diberi warna seperti pink, ungu dan warna khas perempuan
sedangkan untuk laki-laki bisa diberi warna hitam, biru, navy atau warna khas
laki-laki. Tetapi, jika aplikasi dapat digunakan untuk laki-laki dan perempuan
dapat diberi warna netral ataupun krem.
Aplikasi yang akan dibuat harus
menentuan letak geografis target para pengguna. Karena karakter orang setiap
geografis akan berbeda. Misalnya, karakter user di Indonesia akan berbeda
dengan user di Negara lain. Seorang programmer harus menentukan bahasa yang
akan digunakan, lokasi untuk user serta memerhatikan kebiasaan target pengguna
di lokasi tersebut.
Aplikasi yang dibuat juga harus
memerhatikan minat dari para pengguna. Karena karakter berbeda-beda setiap
minat. Berikut kategori minat dari para user :
- Food Enthusiasts
- Book Lovers
- TV Lovers
- Movie Lovers
- Music Lovers
- Shoppers
- DLL
Ketika kita akan membuat sebuah
aplikasi, kita harus menentukan device, sistem operasi dan kecepatan jaringan
data seperti apa yang support untuk aplikasi tersebut. Atau jika itu website,
internet explore apa saja yang dapat digunakan untuk website tersebut. Karena aplikasi
akan berbeda-beda setiap teknologi yang dipakai. Berikut kategori teknologi
yang dapat digunakan :
- PC/Laptop/Smartphone
- Windows 10/Linux/Mac OS
- iOS/Android/Feature Phone
- Web/Aplikasi
- Chrome/Safari/Firefox/Opera/UC
- 2G/3.5G/4G/Wifi
- DLL
Ketika akan membuat aplikasi, kita juga
harus memperhatikan siapa target pengguna aplikasi atau website tersebut. Karena
aplikasi untuk setiap profesi akan berbeda kegunaannya. Misalnya, jika aplikasi
itu khusus diciptakan untuk diakses oleh para pelajar, maka aplikasi tersebut
tidak akan cocok jika diakses oleh profesi lain seperti Pegawai, Pilot dan
Musisi. Namun, jika aplikasi tersebut
dibuat untuk semua kategori pengguna, maka buatlah aplikasi atau UI yang mudah
dipahami semua kategori pengguna.
Komentar
Posting Komentar