Langsung ke konten utama

Mengenal Hardware Komputer


Sebelum mempelajari dan mendalami hal-hal mengenai komputer, ada baiknya kita memperlajari dan memahami dahulu berbagai komponen Hardware dari komputer itu sendiri.

Apa itu Hardware ?

Hardware atau Perangkat Keras adalah peranti-peranti yang terkait dengan komputer dan dapat terlihat secara fisik oleh mata dan dirasakan dengan sentuhan. Atau dengan kata lain Hardware adalah komponen benda nyata. Contoh-contoh dari Hardware seperti Monitor, Hardisk, Mouse, Keyboard, CPU, dan perangkat-perangkat komputer lainnya yang terlihat secara fisik.

Tanpa adanya Hardware, komputer tidak akan bisa berjalan dengan baik. Sehingga Hardware sangat berguna untuk mengoperasikan komputer. Hardware berfungsi untuk memudahkan user/pengguna komputer dalam bekerja atau dengan adanya Hardware yang lengkap maka sistem komputer dapat berjalan dengan baik. Untuk fungsi spesifik nya sendiri sesuai dengan jenis-jenis Hardware yang ada.

Hardware atau Perangkat Keras terdiri dari :

A. Central Processing Unit (CPU)
     CPU berfungsi untuk melakukan control operasi dari komputer dan melaksanakan fungsi-fungsi pemrosesan data.
beberapa contoh-contoh komponen yang ada didalam CPU dan fungsinya :

1. Cashing : Melindungi berbagai komponen-komponen yang ada didalam CPU, tempat untuk meletakkan dan memasang berbagai komponen seperti Motherboard, Power Supply, Optical Disk Drive, dan komponen-komponen lainnya.

2. Motherboard : Media penghubung untuk setiap komponen komputer agar dapat saling berkomunikasi dengan komponen komputer lainnya.

3. Processor : Mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat untuk melakukan perhitungan atau menjalankan tugas. Atau dengan kata lain, Processor adalah otak dari semua proses yang ada didalam komputer.

4. RAM : Untuk menampung data yang telah terproses oleh Processor.

5. VGA Card : Sebuah komponen yang berfungsi untuk mengolah data grafis dan kemudian menampilkan ke monitor.

6. Hardisk : Merupakan tempat penyimpanan data yang ada di komputer.

7. Optical Disk Drive : Berfungsi untuk membaca dan menulis CD/DVD.

8. Power Supply : Berfungsi untuk memberi daya (sumber arus listrik) pada komponen-komponen komputer.

B. Memory (RAM)
      Berfungsi untuk menyimpan data dan program. Main memory biasanya mengacu kepada RAM (Random Acces Memory) atau memori utama.

C. Input/Output (I/O) Device
     a. Perangkat Input
        Input atau masukkan merupakan perangkat yang berguna untuk memasukkan data atau perintah kedalam komputer.
Contoh dari perangkat Input dan fungsinya adalah :
  • Keyboarad : untuk mengetik dan memasukkan perintah kedalam komputer.
  • Mouse : Untuk mengendalikan kursor sehingga dapat bergerak memilih teks, ikon, file dan folder.
  • Touchpad : Bisa digunakan sebagai pengganti mouse eksternal dengan memindahkan kursor menggunakan jari.
  • Gamepad : Perangkat periferal yang dihubungkan ke komputer atau sistem konsol game dan digunakan untuk bermain game.
  • Joystick : Untuk mengendalikan karakter/mesin dalam program komputer.
  • Steering Wheel / Kemudi : digunakan dalam permainan balap atau program penggerak.
  • Scanner : mengubah gambar/dokumen tercetak kedalam file digital yang dapat diedit kembali di komputer.
  • Webcam : menangkap gambar diam atau gerak pengguna dan objek lainnya.
  • CD/DVD Rom : untuk membaca data/program dari media penyimpanan data CD/DVD.
  • Lightpen : untuk mendesain gambar dengan screen.
      b. Perangkat Output
           Perangkat Output atau keluaran adalah perangkat komputer yang digunkan untuk menampilkan atau menyampaikan informasi kepada pengguna.
Contoh dari perangkat Output dan fungsinya adalah :
  • Monitor : untuk menampilkan data berupa teks, gambar, dan video.
  • Speaker : berfungsi sebagai penghasil suara.
  • Printer : Untuk menyetak data elektronik yang tersimpan dalam komputer atau perangkat lain.
  • Proyektor : untuk mengambil gambar yang dihasilkan oleh komputer atau pemutar Blu-ray.
  • Headphone/Earphone : perangkat yang menghasilkan suara untuk mendengar audio secara pribadi setelah dihubungkan pada speaker.
  • Headset : tidak hanya bisa mendengar suara saja tapi juga bisa berbicara dengan lawan bicara tanpa harus memegang perangkat penghubung yang digunakan.
  • Plotter : fungsinya sama dengan printer bedanya plotter untuk menyetak gambar yang berukuran cukup besar seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan.
  • Flat Panel Display : Output Device yang berupa tampilan tipis yang ditemukan pada semua jenis laptop. FDP merupakan standard baru untuk komputer desktop.
  • 3D Printer : menyetak benda yang sama persis dengan gambar soft file nya dalam bentuk 3D.
  • Virtual Reality (VR) : sebuah teknologi yang membuat pengguna/user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, sehingga pengguna merasa berada di dalam lingkungan tersebut. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Evaluasi UI (Usability & User Experience)

Apa itu Usability? Jacob Nielson, usability didefinisikan sebagai kemampuan sistem untuk memenuhi kebutuhan pengguna dengan 5 atribut penilaian, yaitu learnability, efficiency, memorability, errors, dan satisfaction. Pressman, usability merupakan tingkatan kemampuan antarmuka aplikasi dapat digunakan untuk mempermudah hidup pengguna. Santoso, usability merupakan derajat kemampuan sebuah aplikasi untuk membantu pengguna menyelesaikan sebuah tugas. ISO 9241-11 (Bevan, 1995), mendefinisikan usability merupakan sejauh mana suatu produk dapat digunakan oleh pengguna tertentu untuk mencapai target yang ditetapkan dengan effectiveness, efficiency dan satisfaction. Kenapa sih Usability itu Penting? Memudahkan pengguna Aplikasi mudah dipelajari Aplikasi harus berjalan sesuai fungsinya Berdampak Pada Faktor Kesuksesan Menarik minat penggunanya Alat Uji Usability SUS (System Usability Scale) : SUS merupakan kuesioner yang sederhana dan paling dapat diandalkan. QUIS (Questionnaire for User Int...

Implementasi HTML Bootstrap Design Web ke WordPress

Kemunculan WordPress lebih memudahkan proses perancangan blog. Sebelum adanya WordPress, banyak developer Website yang menggunakan HTML statis bagi merancang blog. Namun, kini para developer sudah mulai beralih menggunakan tampilan yang terdapat di WordPress. Meskipun saat ini tak masalah jika tetap menggunakan HTML statis, tetapi tak ada salahnya bukan jika mempertimbangkan pindah ke WordPress. Kenapa? Karena dengan WordPress, Kamu dapat merancang dan mengelola blog lebih gampang. WordPress menyediakan tema, plugin, widget, dan beragam fitur lainnya yang mempermudah Kamu mengelola blog tanpa berurusan dengan coding. Bagi kamu selaku pemilik blog yang masih menggunakan HTML statis telah seharusnya disarankan sebaiknya Kamu mulai mempertimbangkan untuk melakukan convert HTML ke WordPress. Selain mempermudah Kamu bagi mengelola, WordPress pun mempunyai banyak fitur yang lebih fleksibel ditambah maupun dikurangi diperbandingkan dengan HTML statis. Ada tiga macam cara convert HTML ke WordP...

Logika Fuzzy (Model Sugeno dan Tsukamoto)

Logika Fuzzy adalah metodologi sistem kontrol pemecahan masalah yang cocok digunakan untuk diimplementasikan pada berbagai sistem, mulai dari sistem yang sederhana, sistem kecil, embedded system, jaringan PC, multichannel atau workstation berbasis akuisisi data dan sistem kontrol. Logika ini  merupakan suatu logika yang memiliki nilai kekaburan atau kesamaran antara benar atau salah. Logika Fuzzy sering digunakan dalam bidang elektronika. Konsep logika ini pertama kali diperkenalkan oleh Prof. Lotfi Astor Zadeh pada tahun 1962. A. Model Sugeno Model Sugeno adalah metode interfensi fuzzy untuk aturan yang dipresentasikan dalam bentuk IF-THEN, output yang dihasilkan sistem tidak berupa himpunan fuzzy, tetapi berupa konstanta atau persamaan linear. Sebagai fungsi keanggotaan dari konsekuen, Michio Sugeno mengusulkan penggunaan singleton. Singleton adalah sebuah himpunan fuzzy dengan fungsi keanggotaan yang pada titik tertentu mempunyai sebuah nilai dan 0 diluar titik tersebut. Du...